JustReadiT

Happy reading and....find something...

Friday, February 23, 2007

Bubur lemu ala...kadarnya :)

pasti udah ga aneh dong sama bubur lemu, ada juga yang nyebutnya dengan bubur sumsum. umumnya bubur lemu warnanya hijau terbuat dari tepung beras, dihiasi dengan pacar cina plus air gula merah dan kadang2 pake candil juga. Nah, waktu itu tiba2 aja kepingin bikin sendiri bubur lemu. sebelumnya belum pernah sih bikin mkanan yang satu itu. saking pinginnya aja dan lagi semnagat buat belajar masak (hihi).
karena bubur lemu mudah basi, baiknya jangan membesokkan bubur. oleh karena itu sesuaikan resep dengan banyaknya orang.
knia pribadi setiap bikin bubur sederhana ini cuma satu rantang kecil, dengan
Bahan2nya:
- tepung beras 4 sendok makan
- gula merah 2 gandu
- air bening
- garam
- dan susu satu sendok susu

cara membuat:

_ Untuk buburnya
Buat adonan encer dari tepung beras dan air, setealh dirasa cukup encer (maklum resepnya bikin sendiri jadi ga ada takaran yang pasti) masukan garam secukupnya. setelah itu panaskan adonan sambil terus di kocek supaya tidak menggumpal. Jangan lupa masukan susu ke adonan, karena kalau ga pake susu bubur lemu yang dihasilkn akan mengumpal-gumpal. Nah, adonan semakin lama akan mengumpal dan ...apa ya yang cocok kata2nya, mengental kayanya, seperti bubur2 lemu yang biasa dijual.

_ untuk air gula
dalam panci kecil atau rantang, masukan beberapa gandu gula merah, beri air secukupnya, lalu panaskan sampai semua gula meleleh, kalau bisa sambil dikocek supaya ga angus. setelah mendidih angkat dan tiriskan. jadi deh bubur lemu ala kania ^_^

cara penyajian
ambil beberapa sendok makan bubur lemu sesuai keinginan dan siram dengan air gula. bubur lemu siap dihidangkan!!

lumayan murah meriah dan juga mudah ^_^

1 Comments:

Post a Comment

<< Home