JustReadiT

Happy reading and....find something...

Friday, December 01, 2006

Jangan dibaca....

Malam itu di sebuah radio swasta diJakarta disiarkan sebuah acara talkshow bertemakan motivasi. Ada satu halmenarik yang disampaikan oleh sangnara sumbernya. Dia mengatakan bahwamanusia cenderung merekam kata-katanegatif untuk selanjutnya menjadisuatu hal yang justru dialaminya ataumungkin dikhwatirkannya.

Sebagai contoh ketika kita berniattulus hendak memberi motivasi padateman kita yang sedang berjuangdenghan mengatakan “ Maju Terus,Pantang Mundur “. Maka yang cepatsekali di “klik” oleh otak teman andaadalah kata-kata “Mundur” tersebut danakibatnya mungkin timbul sedikitperasaan takut gagal dalam dirinya.Padahal kan niat anda baik, hendakmemberikan motivasi pada teman andatadi. Begitu juga ketika anak kitaterlihat sedikit berkelakuan kurangberkenan. Maka umumnya yang terlontardari ucapan kita adalah”Jangan Nakal”. Padahal kata-kata “Nakal” mungkin akan jadi suatuhal yang malah disukai oleh sang anakdan ia akan mengulangi perbuatantersebut. Alangkah indahnya jika kitadengan lemah lembut memeluknya danmengatakan “Kamu Pasti Bisa Jadi AnakBaik”, dari pada kata kata yangpertama tadi.

Begitu pula nasibnya dengan kata-kata “Jangan Takut”, “JanganTerlambat”, “Jangan Malas” dan lainlain. Ada baiknya jika kita menggantikata “Jangan Takut” dengan “Kamu PastiBerani” , kata “Jangan Terlambat”dengan kata “Datang Tepat Waktu Ya”serta kata “Jangan Malas” dengan “AyoKita Kerja Yang Rajin “.

Ternyata…. kata-kata bisa berpengaruhmenghipnotis otak manusia yang ujung-ujungnya menjadi suatu tindakan nyata.Seperti itulah sebagaimana yangdikatakan oleh sang nara sumber diAcara Talk Show Motivasi tersebut yangkemudian kita kenal dengan NeuroLinguistik Program (NLP).

Syukran lagih buat NuG

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

<< Home